Antara Standby dengan Hibernate - MASYARAKAT PINGGIRAN DAN KEHIDUPAN MASYRAKAT
Headlines News :
Home » » Antara Standby dengan Hibernate

Antara Standby dengan Hibernate

Written By Unknown on Rabu, 05 Februari 2014 | 23.18

     Windows adalah  System Operating  paling terkenal di dunia. Produk dari Microsoft ini sangat terkenal dan begitu banyak yang menggunakanya. Mulai dari kepemilikan secara perorangan sampai dalam sebuah instansi. Hal ini memicu timbulnya sebuah keistimewaan harga yang dibandrol oleh perusahaan raksasa dunia Microsoft itu. Namun sebagai imbasnya, Microsoft pun terus berinovasi mengembangkan produk ini hingga saat ini sudah terilis Windows 7 pada tahun 2009 akhir lalu.

     Sebuah kesuksesan besar bagi Bill Gates, perusahaannya semakin berkembang pesat hingga saat ini, begitu mahalnya harga dari produk Microsoft ini yang menunjukkan bahwa semakin banyak permintaan konsumen akan penggunaan produk Windows ini.

Secara lebih detail, dalam OS Windows terdapat banyak fasilita dan kelebihan dari sistem operasi lainya, contohnya adalah Standby dan Hibernate. Fasilitas ini merupakan sebuah fasilitas manajemen power saat kepenggunaan OS ini. Namun yang jadi pertanyaan, apa perbedaan dari keduannya ? Mari kita lihat perbedaan apa itu Hibernate dan standby.

  • Hibernate

hibernate merupakan opsi lain dari sistem manajemen power yang disediakan dari Windows. Dengan menggunakan Hibernate, kita bisa menghemat power atau daya consumption dari laptop dan pc (power mati) serta RAM masih berisi atau belum di cleaning.
Hibernate juga  memiliki keunggulan dan kelemahan. Keunggulannya yaitu hemat power dan kita masih bisa melanjutkan program yang masih berjalan. Maksudnya adalah selama melakukan hibernate, kita tidak perlu meng-close semua program atau aplikasi yang saat itu sedang digunakan langsung di standby, gak masalah.
Sementara itu kelemahannya adalah, waktu booting agak lama dari pada waktu booting standby, layaknya kita menghidupi komputer dari awal atau setelah di Shut Down atau Turn Off. Selain itu, Hibernate memakan harddisk yang cukup banyak (rata-rata > 1GB), terbukti pada laptop , ada alokasi harddisk yang digunakan oleh file bernama hiberfil.sys.   ini gambarnya:



  • Standby 

Berbeda dangan Standby yang merupakan sebuah cara untuk manajemen power dengan mematikan komputer sebagian, power supply masih hidup namun dengan memakan daya yang sedikit, RAM atau memory masih berisi atau belum di cleaning.
Standby juga memiliki keunggulan dan kelemahan. Keunggulannya yaitu komputer cepat dihidupkan dan kita masih bisa melanjutkan program yang masih aktif. Maksudnya selama melakukan standby, kita tidak perlu meng-close semua aplikasi atau program yang saat itu sedang digunakan (langsung  saja di standby, gak masalah).

Sementara kelemahannya yaitu, mengurangi daya baterai dan cepat panas. Hal ini disebabkan karena power dari PC dan laptop masih menyala sehingga beberapa komponen masih bekerja dan menimbulkan kenaikan suhu pada batre.

dari penjelasan diatas, maka anda dapat menyimpulkan, kapankah anda harus menggunakan Standby dan kapankah harus menggunakan Hibernate tergantung kebutuhan anda...
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MASYARAKAT PINGGIRAN DAN KEHIDUPAN MASYRAKAT - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger